Home > bunda > Cara Menghitung Masa Subur Wanita dengan Siklus Menstruasi

Cara Menghitung Masa Subur Wanita dengan Siklus Menstruasi

dulu waktu mau nikah temen2 aku suka kasih tau untuk memperhatikan siklus menstruasiku..
hal ini sangat mempengaruhi rencana kehamilan setelah menikah,,

penasaran nyari referensi,,akhirnya nemu yang lengkap banget,,

yukk hitung2 masa subur kita girls,,terutama yang lagi nyiapin nikah ato pengantin baru yaa,,^_^

Cara Menghitung Masa Subur Wanita dengan Siklus Menstruasi

-> cara menghitung masa subur wanita dengan siklus TERATUR 28 hari :

* Hari pertama dalam siklus haid dihitung sebagai hari ke-1

* Masa subur adalah hari ke-12 hingga hari ke- 16 dalam siklus haid

Contoh :

Seorang isteri mendapat haid mulai tanggal 9 Januari. Tanggal 9 Januari ini dihitung sebagai hari ke-1. Maka hari ke-12 jatuh pada tanggal 20 januari dan hari ke 16 jatuh pada tanggal 24 Januari. Jadi masa subur yaitu sejak tanggal 20 Januari hingga tanggal 24 Januari. Begitu setiap bulannya.

-> cara menghitung masa subur wanita dengan siklus TIDAK TERATUR  28 hari :

* Catat jumlah hari dalam satu siklus haid selama 6 bulan (6 siklus). Satu siklus haid dihitung mulai dari hari pertama haid saat ini hingga hari pertama haid berikutnya.

* Jumlah hari terpendek dalam 6 kali siklus haid dikurangi 18. Hitungan ini menentukan hari pertama masa subur. Jumlah hari terpanjang selama 6 siklus haid dikurangi 11. Hitungan ini menentukan hari terakhir masa subur.

* RUMUS:

Hari pertama masa subur = Jumlah hari terpendek – 18

Hari terakhir masa subur = Jumlah hari terpanjang – 11

Contoh :

Seorang isteri mendapat haid dengan keadaan : siklus terpendek 26 hari dan siklus terpanjang 32 hari (mulai hari pertama haid sampai haid berikutnya)

Perhitungannya : 26-18 = 8 dan 32–11 = 21. jadi masa suburnya adalah mulai hari ke-8 sampai ke 21 dari hari pertama haid.

sedikit tips :

Untuk mencegah kehamilan saat masa subur, kita bisa menghindari melakukan hubungan seksual atau menggunakan kondom atau melakukan senggama terputus (coitus interruptus) :ciuman:

Dengan mengetahui masa subur, kita bisa mencegah kehamilan yg tidak diinginkan. Terlebih untuk pasangan suami-istri yg ingin mengatur jarak kehamilan.

nah gampang kan?

yukk yuk yng mau rencana punya anak cepet ato menunda punya anak..bisa lo dipake referensi ini..;)

selamat mencoba..^_^

sumber ref: http://fitri.net

  1. May 19, 2012 at 4:25 am

    Bagus informasinya…, saya suka, terutama yang berkaitan dengan Pengetahuan Reproduksi. hehehe…

    Salam kenal,
    newbe

  2. opphin
    May 22, 2012 at 5:07 am

    tengkyuu,,,salam kenal juga🙂

  3. July 13, 2012 at 4:06 am

    saya men tanggal 14 mei,setelah beres men tanggal 21 men jelang 10 saya keluar lagi selama 4 hari.tanggal 4 juli saya keluar men lg selama 5 hari jd masa subur saya tanggal berapa?????????TOLONG JAWABAN NYA………

    • opphin
      July 13, 2012 at 4:19 am

      dear mba susi,,
      kalo diliat dari siklusnya berarti masuk yang tidak teratur ya,,
      silahkan pake acuan yang ga teratur..
      kalo berdasarkan postingku butuh 6 bulan terakhir catatan haid untuk siklus yang tidak teratur.
      sedangkan yang tau punya mba susi kan mba sendiri..
      silahkan dihitung ya,,mudah kok😉

  4. July 13, 2012 at 5:28 am

    maap cara hitung nya gimana kalo normal kn 28 hari,kalo 31 hari termasuk ga telatur.jd masa subur saya brpa hari,saya ga bs hitungnya cara nya gimana???

  5. anwar tsani
    July 22, 2012 at 11:47 am

    1.suatu saat jika terjadi lebih cepat atau lebih lambat,apakah hitungan hari nya juga berubah?
    2.dulu saya pernah di beritau,kalau biasanya haid nya 7 hari.jika suatu saat mengalami lebih dari 7 hari,apakah kelebihan nya itu cuma … (saya lupa sebutannya) saja dan boleh beribadah lagi?

  6. July 27, 2012 at 7:48 am

    haha iaa bener gmna cara ngitungnya, meskipun saya cwo cmn saya ingin tahu jg🙂

  7. rini
    September 1, 2012 at 2:43 am

    salam kenal mba…

    Mbak sy mw tnya ni

  8. opphin
    September 1, 2012 at 4:49 am

    maaf baru cek ni temen2,
    @mba susi,,nti aku kasih contohnya ya..ak cek punyaku dulu,,kebetulan aku jga masuk yang ga teratur😀
    @anwar tsani : yang dimaskut istiqadhoh kah?setauku yang namanya istiqadhoh tu kalo mensnya lebih dari 15 hari,,kalo sampe terjadi berarti setelah 15 hari itu kita wajib sholat dan darahnya dianggap sebagai penyakit
    @mas wiidhiet : menyusul yaaa🙂
    @rini : salam kenal mba rini,,silahkan mba🙂

  9. September 19, 2012 at 8:54 am

    thanks ya informasinya, lagi bingung nih, udah ada tanda2 mau mens tapi g kunjung keluar.

  10. Yumiko Intan MyelixAdisllu
    September 21, 2012 at 1:21 pm

    sbnernya khamilan Tuhan yg ngatur. wlau di pakkkkkksaaa…….kl blm jalanNya jg g akan ada. tp kl uda rncnaNya maka terjadilah,,walau di toooooooooolllllllllllaaaaaaaaaakkkkkkkkk….kya apa pun.

  11. October 1, 2012 at 7:10 am

    Maaf bro mo nanya nich,
    kami pasangan pengantin baru bro, istri aq haidnya tanggal 25 – 29 september kemarin, dy haidnya gak nentu gitu bro, pertanyaan saya pada tanggal berapa kah istri saya mengalami masa subur nya. . . .

    • October 1, 2012 at 8:48 am

      cara mudah untuk menghitung masa subur kita kapan klik aja aplikasi mama di http://www.laktamilmama.com , di sana ada aplikasi kalender ovulasi untuk mengetahui masa subur kita kalo mau hamil, kapan masa subur tinggi ato rendah, bahkan kita juga langsung tau kapan kita harus cek hamil…juga bnyak aplikasi lainnya…Sign up aja di link tersebut pasti kalian suka…jadi ga perlu repot2 itung2 yang bikin bingung

  12. opphin
    October 1, 2012 at 7:50 am

    @kimkenny : sabar yaaa…jangan stress nti malah ga kluar lo😀
    @yumiko : yup betul,,memang semua harus dikembalikan pada Tuhan ^_^
    @muhammad soleh : coba ditanya istrinya ya,,apakah menyimpan catatan mensnya,,nti pake acuan yang mens ga teratur dan silahkan diitung sesuai yg diartikel atas ..🙂

  13. October 1, 2012 at 8:47 am

    cara mudah untuk menghitung masa subur kita kapan klik aja aplikasi mama di http://www.laktamilmama.com , di sana ada aplikasi kalender ovulasi untuk mengetahui masa subur kita kalo mau hamil, kapan masa subur tinggi ato rendah, bahkan kita juga langsung tau kapan kita harus cek hamil…juga bnyak aplikasi lainnya…Sign up aja di link tersebut pasti kalian suka…jadi ga perlu repot2 itung2 yang bikin bingung

    • opphin
      October 1, 2012 at 8:50 am

      tengkyu mba rere,,^_^

  14. fera andri
    November 6, 2012 at 4:36 am

    saya mau tanya tntang masa subur,,bulan ini saya kan haid nya datang tnggal 3 november dan berakhir tanggal 5 november,,yang mau saya tanya kapan masa subur saya tepat nya??

    • opphin
      November 6, 2012 at 4:49 am

      mb fera biasanya haidnya teratur ga? apakah tiap bulan selalu 3 hari aja?

      • fera andri
        November 6, 2012 at 4:55 am

        iya mbak

  15. fera andri
    November 6, 2012 at 5:04 am

    tiap bulannya selalu datang mbak tapi tanggal datangnya selalu berbeda2,,lamanya selalu 3 hari mbak,,kapan masa suburnya kalau begitu mbak??

    • opphin
      November 27, 2013 at 3:26 am

      silahkan pake acuan yang haid tidak normal mba🙂

  16. ani hayati
    January 13, 2013 at 9:38 am

    kalau datang bulannya tanggal 12 tanggal berapa masa suburnya

    • opphin
      November 27, 2013 at 3:00 am

      tidak perlu mba

  17. fitri
    February 16, 2013 at 6:52 pm

    aku masih belum paham maba. haid aku kadang sebulan dua kali, dan haidnya selalu 8 hari.dan ga teratur mba. kalau seperti itu bagaimana menghitung masa suburnya mba. makasih

    • opphin
      November 27, 2013 at 3:22 am

      silahkan pake hitungan yang haid tidak teratur mba🙂

    • opphin
      January 6, 2014 at 11:20 pm

      berarti masuk yang tidak teratur ya mb fitri..
      mb bisa hitung denga menggunakan acuan yang tidak teratur
      silahkan dibaca lagi petunjukknya untuk haid yang tidak teratur

  18. May 9, 2013 at 5:11 am

    mba kallo tanggal haidnya tanggal 11 berarti masa suburnya tanggal berapa

    • opphin
      November 27, 2013 at 3:27 am

      haidnya teratur apa tidak mba?

  19. sinta
    January 6, 2014 at 12:13 pm

    mb,,, kl haid bulan kmrn tgl 12 dan berhenti tanggal 14 cara menghitung masa subur sebelum haid dan sesudah itu gmn mb?

    • opphin
      January 6, 2014 at 11:19 pm

      dear mb sinta..
      haid mb sinta terartr tidak? jik teratur silahkan pake hitungan untuk haid teratur
      jika tidak mb bisa pake acuan untuk yang tidak teratur. hitungannya bisa dibaca lagi di atas ya🙂

  20. yanti
    March 13, 2014 at 10:39 pm

    iya tuh..sya jg klo mens ga nentu kdang di pertengahan bln,akhir bln dan awal bln…ngitung kesuburanya gmn?

    • opphin
      October 6, 2015 at 7:15 am

      dear yanti,
      di atas sudah ada penjelasan untuk haid yang tidak teratur, silahkan dibaca kembali🙂

  21. July 18, 2014 at 3:40 pm

    jika masa menstruasi jatuh tanggal 7 sampai tanggal 13 . jadi tanggal brapakah masa suburnya

    • opphin
      October 6, 2015 at 7:15 am

      dear maulana,
      ini haidnya teratur apa tidak ya?
      bisa dibaca lagi artikelnya untuk perhitungannya🙂

  22. naya
    August 30, 2014 at 1:31 am

    Kalau haid tgl 1 agustus slsai tgl 6 agustus dan haid lagi tgl 24 agustus slsai tgl 29 agustus tgl brapa masburx jenk?

    • opphin
      October 6, 2015 at 7:14 am

      dear mba naya ,
      mba naya kalo hanya 2 masa seperti itu belum bisa dihitung masa suburnya,
      minimal 6 bulan untuk menghitungnya, bisa dibaca lagi ya di artikel di atas🙂

  23. fitri mardiani
    October 5, 2015 at 11:02 pm

    Mb muk konsultasi nh,,, kan saya haid,a teratur nh ea nah saya mulai haid tgl 15 september kmren tyuz slsy,a tnggal 20,,, naj sya kan nglaku,n hubungan intim,a tnggal 25 apakah tnggl itu masa ke suburan sya dan apakah saya bisa hamil mb?

    • opphin
      October 6, 2015 at 7:11 am

      dear mba fitri,
      jika berdasarkan perhitungan di atas, untuk haid teratur maka masa subur mba adalah hari ke 12-16 yaitu pada tanggal 26 – 30

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: