Home > cerita > membasmi emosi

membasmi emosi

emosi merupakan salah satu bentuk perubahan psikis dari seseorang, dimana jika kita tak bisa mengendalikannya maka emosi itulah yang nantinya akan mengendalikan kita. di sini ada langkah-langkah atau tips2 buat ngatasi tu yang namanya emosi, bagaimana caranya kita dapat mengekspresikan emosi ke hal2 yang positif. baca petunjuk dibawah ini:

1. tenangkan pikiran dan bersihkan hati.

pada saat kita emosi yang ada segla sesuatu menjadi ga enak, semuanya terasa salah n ga ada yang bener. apa lagi kalo emosi tu memuncak, waduh pasti yang disekitarnya akan jadi korban. langkah pertama yang dilakukan adalah menenangkan pikiran, maksutnya saat emosi itu muncul cobalah untuk menenangkannya, jangan malah menanggapi tu emosi, pokoknya cuekin aja dulu. jangan sampai emosi masuk ke dalam hati trus ngendaliin kita. wah bisa gawat tuh(emang bisa???hehehe…), coba tenangkan pikiran untuk sementara waktu dan bersihkan hati yang lagi mendongkol.

2. usut dengan cermat penyebab emosimu

setelah pikiran tenang maka cobalah untuk mencari cari mengais ngais penyebab emosi itu muncul. walopun kita tak memberi undangan kepadanya, bisa saja dia dateng, nongol gangguin hidup kita. langkah selanjutnya tidak lagi nyuekin tu emosi tapi kita kudu nyari penyebabnya kenapa tiba2 dia muncul dalam hidup kita. ga mungkin banget emosi tu dateng tanpa ada penyebabnya, pasti ada sesuatu yang menarik dalam hidup kita yang menyebabkan dia menghinggap dalam hidup kita. cari-cari sambil introspeksi diri apa akar permasalahannya. ingat! hal ini dilakukan setelah bisa menenangkan emosi kita sendiri.

3. cara pelampiasan yang menguntungkan

banyak cara untuk melampiaskan emosi, ada yang melampiaskan dengan menangis, teriak, menendang dan sejenisnya. cara melampiaskan emosi yang baik tentunya ga merugikan dirimu, orang lain dan apa yang ada disekitarmu. dan kalau perlu pas lagi emosi cari pelampiasan yang menguntungkan. misalnya ambil cangkul trus cangkulin rumput yang panjang di depan rumahm ato ambil penebak n gebukin tu kasur. buat yang suka nulis, tulis ja semua uneg2 yang ganjel ntar kalo dah lega baca2 lagi pati ketawa nyengir2 sendiri. trus buat yang suka nangis, nangis ja deh sepuasnya, ga perlu takut dibilangin cengeng. sapa tau abis nangis tu mata jadi lebih bersinar. kan abis dibesihin ma air. tapi awas lo lebam hehehehe….

4. segeralah istghfar dan berwudlu

ini yang banyak dilupakan ketika kita emosi, karena terlalu larut dalam emosi. emosi yang kita ekspresikan dengan amarah, ngamuk, itu sesungguhnya adalah api yang sedang membakar. so, api bisa dipadamkan dengan air. nah, pas kita ngalami yang namanya marah, mumpung apinya blom gede, buruan deh ambil air wudlu dan beristighfarlah. seperti sabda Nabi : “Sifat marah berasal dari syetan, dan sesungguhnya syetan berasal dari api. dan api bisa dipadamkan dengan air. dan jika salah satu dari kalian sedang marah maka segeralah berwudlu”.

kalo pengen lebih jelasnnya baca bukunya aja. ni tips aku dapet dari buku yang judule “islmamic idol”. bagus banget buat memotivasi diri kita. dijamin ga nyesel deh kalo baca hehehe….

Categories: cerita
  1. December 10, 2008 at 3:09 am

    Menangis muncul dari iba diri,
    kasihan pada diri sendiri, dan itu akan membuat kita tambah lemah,
    hanya bisa meratapi nasib tanpa berbuat apa-apa.

    Coba lihat segalanya tanpa menilai, karena semua terjadi secara wajar, otak kita lah yang membuat itu menyedihkan atau menyenangkan, jadi janganlah kita dipermainkan pikiran kita sendiri.

    http://fusion-kandagalante.blogspot.com

  1. February 11, 2008 at 9:42 am

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: